HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BLADO BATANG

Eva Fitriana , 1401412294 (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS Dr. SOETOMO KECAMATAN BLADO BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3314Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPS pada kelas IV SD mempunyai materi yang luas, sehingga pada siswa kelas IV SDN di Gugus Dr. Soetomo Blado Batang mempunyai tingkat motivasi yang berbeda, yang berdampak pada pemerolehan hasil belajar yang berbeda pula.Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN di kecamatan Blado Batang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN di kecamatan Blado Batang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dan ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN di Gugus Dr. Soetomo Blado Batang. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sempel sebanyak 93 siswa. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebasnya yaitu motivasi belajar (X), dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner (angket), wawancara sebagai pendukung angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV berada pada kategori kuat, koefisien korelasinya sebesar 0,754 > r tabel 0,207penghitungan menggunakan analisis korelasi product moment, dan harga signifikansinya 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,568 berada pada kategori sedang. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan kategori hubungan kuat dan tingkat keterpengaruhan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,568 berada pada kategori sedang. Saran untuk pendidik sebaiknya membantu siswa untuk meningkatka motivasinya; bagi siswa, sebaiknya tingkatkan motivasi belajar; dan bagi sekolah, harus selalu menciptakan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hubungan, motivasi belajar, hasil belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 18 Oct 2016 11:55
    Last Modified: 18 Oct 2016 11:55

    Actions (login required)

    View Item