HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS


Lina Damayanti, 1401412293 (2016) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS WIBISONO KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412293.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Cara siswa dalam belajar IPS yang berbeda-beda dapat menyebabkan hasil belajar IPS tiap siswa pun berbeda-beda, seperti yang terjadi pada siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah gaya belajar siswa kelas V SDN?, (2) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V?, (3) seberapa besar hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus? Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui gaya belajar siswa kelas V, (2) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V, dan (3) mengetahui seberapa besar hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus sebanyak 124 siswa, kemudian peneliti mengambil sampel sebanyak 95 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Setelah data normal dan linearitas, langkah selanjutnya yaitu menghitung korelasi product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung (0,605) > r tabel (0,202). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Keeratan hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 36,6%. Simpulan penelitian ini adalah: (1) siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati mayoritas memiliki gaya belajar visual, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dengan koefisien korelasi sebesar 0,605, dan tingkat keeratan hubungannya sebesar 36,6%. Saran bagi guru maupun orang tua adalah diharapkan guru dan orang tua dapat mengenal gaya belajar yang dimiliki siswa, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar karena disesuaikan dengan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar siswa, hasil belajar, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 15:55
Last Modified: 18 Oct 2016 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item