HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN GUGUS dr. SUTOMO KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


ITSNA KHARISMA , 1401412271 (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN GUGUS dr. SUTOMO KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412271.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penguasaan kosakata. Kosakata merupakan perbendaharaan kata dalam suatu bahasa. Hasil observasi menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa di SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. Lokasi penelitian berada di 6 SDN Gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di gugus dr. Sutomo Kajen Kabupaten Pekalongan dengan jumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik Proportional Random Sampling dengan jumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase, uji korelasi, dan regresi linear sederhana. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Indonesia sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis karangan narasi 78% dipengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia, dan 22% dipengaruhi faktor lainnya. Penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan kemampuan menulis karangan narasi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan yaitu 0,8817. Hasil persamaan regresi menunjukkan Ŷ = 18,705 + 0,700X, hal ini menunjukkan setiap kenaikan satu satuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia menyebabkan kenaikan skor nilai kemampuan menulis karangan narasi sebesar 0,7 dengan konstanta 18,705 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan positif dan pengaruh signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Peneliti menyarankan pihak sekolah untuk menggerakkan kegiatan “Ayo membaca” supaya menambah minat baca siswa guna meningkatkan penguasaan kosakata yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan kosakata, kemampuan menulis, karangan narasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 18:25
Last Modified: 17 Oct 2016 18:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item