PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN 1 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Siti Amanah, 1401412241 (2016) PENGARUH MINAT BACA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKBIN 1 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412241.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan memahami bacaan merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa terdapat perbedaan kemampuan memahami bacaan pada siswa SD N Sekbin 1 Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Perbedaan kemampuan siswa tersebut disebabkan beberapa faktor. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan pengaruh minat baca dan perhatian orang tua terhadap kemampuan memahami bacaan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto dengan analisis regresi. Populasi penelitian ini yaitu 191 siswa. Mereka adalah siswa kelas IV SD N Sekbin 1 Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Berdasarkan teknik Proportional Stratified Random Sampling maka sampel penelitian sejumlah 127 siswa. Variabel terikat penelitian adalah kemampuan memahami bacaan, sedangkan variabel bebas penelitian yaitu minat baca dan perhatian orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tak berstruktur, dokumentasi, angket, dan tes kemampuan memahami bacaan. Instrumen penelitian antara lain : pedoman wawancara, angket, dan soal tes. Uji prasyarat analisis regresi menggunakan uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa simpulan. (1) Nilai rata-rata kemampuan memahami bacaan sebesar 66,54 dan termasuk dalam kategori tinggi. (2) Nilai indeks variabel minat baca sebesar 77,75% dan termasuk dalam kategori tinggi. (3) Nilai indeks variabel perhatian orang tua sebesar 76,04% dan termasuk dalam kategori tinggi. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan dengan persamaan regresi Ŷ = 19,981 + 0,637X1 yang dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (4,413>1,979). (4) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap kemampuan memahami bacaan dengan persamaan regresi Ŷ = 18,168 + 0,945X2 yang dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel (5,408>1,979). (5) Besar pengaruh minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan adalah 13,5%. (6) Besar pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan memahami bacaan adalah 19%. (7) Besar pengaruh minat baca dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan memahami bacaan yaitu sebesar 23% sedangkan 77% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut, maka orang tua dan guru hendaknya dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan memahami bacaan, minat baca, perhatian orang tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 17:37
Last Modified: 17 Oct 2016 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item View Item