KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS WISANG GENI KOTA SEMARANG

Dian Kristiani , 1401412281 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS WISANG GENI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2361Kb)

    Abstract

    Hasil observasi pada kelas IV SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang menunjukkan hasil belajar mata pelajaran PKn masih rendah. Penyebabnya antara lain guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dalam proses pembelajaran PKn guru cenderung menggunakan penyampaian informasi satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa cepat bosan dan pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu Problem Based Learning. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning dibandingkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 236 siswa kelas IV Gugus Wisang Geni Kota Semarang. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Sampling. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 58 siswa yaitu 28 siswa kelas IV SDN Karangayu 02 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas IV SDN Tawang Mas 02 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga thitung pretest lebih kecil dibandingkan harga ttabel (0,598<2,002) dan signifikansi (0,552>0,05), artinya Ho diterima. Ho diterima berarti tidak ada perbedaan rata-rata skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (3,674>2,002) dengan signifikansi (0,001<0,05), artinya Ha diterima. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor posttest antara kelas ekspserimen dan kelas kontrol, yaitu rata-rata kelas ekspserimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol. Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat pada gain ternormalisasi yaitu 0,42 ternasuk kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,29 termasuk kategori rendah. Simpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang. Keefektifan model Problem Based Learning diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru untuk menerapkan model ini pada mata pelajaran PKn kelas IV materi Globalisasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; PKn; Problem Based Learning
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 17 Oct 2016 09:10
    Last Modified: 17 Oct 2016 09:10

    Actions (login required)

    View Item