KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG


DEVILIA CONTESA , 1401412279 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI GUGUS CAKRA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412279.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran PKn di SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang guru belum menggunakan model-model inovatif hanya menggunakan model konvensional dan penyampaian informasi searah sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif dan hasil belajarnya juga masih rendah. Implementasi model time token dapat menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran karena setiap siswa diberikan kesempatan berbicara. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah model time token lebih efektif terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang?; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama dengan model time token siswa kelas V SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model time token terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama siswa kelas V SD Negeri Gugus Cakra Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Cakra Semarang yang terdiri dari tujuh sekolah dasar negeri. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Sampling yaitu menentukan sampel sekolah kemudian menentukan kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol harus memenuhi uji normalitas dan homogenitas data yaitu kelas VB SDN Tambakaji 01 sebagai kelas eksperimen dan VB Tambakaji 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda, observasi, dan dokumentasi dianalisis dengan uji t dan N-gain. Hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan nilai sig. 0,000 ≤ 0,05. Didukung uji N-gain kelas eksprimen mencapai 0,49 kategori sedang sedangkan kelas kontrol gain score mencapai 0,27 kategori rendah. Nilai persentase aktivitas siswa kelas eksperimen pembelajaran pertama sebesar 61,1%, pembelajaran kedua 67,6%, ketiga sebesar 64% dan keempat 71%. Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 66% termasuk dalam kategori tinggi yang membuktikan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah model time token lebih efektif digunakan dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Peneliti menyarankan guru hendaknya menggunakan model yang dapat mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran tidak monoton dan bersifat multi arah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, Hasil Belajar PKn dan Model Time Token
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 13:10
Last Modified: 17 Oct 2016 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24317

Actions (login required)

View Item View Item