PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS TERAMPIL KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG


NINDA AYU NOVITASARI , 1401412207 (2016) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD GUGUS TERAMPIL KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412207.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu hal yang memengaruhi hasil belajar adalah intensitas belajar. Dengan adanya intensitas belajar, siswa dapat memperoleh beberapa kemudahan dalam belajar, seperti dapat mengatur waktu belajar, membangkitkan motivasi, dan lebih mudah mengingat materi pembelajaran. Perumusan masalah penelitian ini adalah (1) apakah terdapat pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Gugus Terampil Kecamatan Secang Kabupaten Magelang?, dan (2) seberapakah pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Gugus Terampil Kecamatan Secang Kabupaten Magelang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi sebab akibat. Populasi penelitian ini adalah 197 siswa kelas V SDN Gugus Terampil kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Pengambilan sampel dengan cluster sampling diperoleh 80 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linieritas. Sedangkan data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh antara intensitas belajar dengan hasil belajar siswa dan (2) besarnya pengaruh antara intensitas dengan hasil belajar siswa adalah 0,43 dengan persentase koefisien determinasi sebesar 18,49%. Hal tersebut berarti hasil belajar siswa dipengaruhi 18,49% oleh intensitas belajar dan 81,51% dari faktor lain. Disimpulkan bahwa besaran intensitas belajar memengaruhi hasil belajar siswa. Untuk itu, diperlukan adanya perhatian dari berbagai pihak untuk memaksimalkan intensitas belajar kaitannya dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Intensitas, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:43
Last Modified: 17 Oct 2016 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24309

Actions (login required)

View Item View Item