PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ROBERT WOLTER MONGINSIDI KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL

Endang Puji Lestari, 1401412204 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ROBERT WOLTER MONGINSIDI KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1782Kb)

    Abstract

    Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa negara Indonesia. berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kendal. Dalam mengerjakan soal pilihan ganda siswa masih kurang memahami bacaan sehingga terdapat beberapa siswa masih salah dan kurang teliti dalam menjawab soal dan pada menulis ringkasan siswa membuatnya berdasarkan pemikiran mereka. Sehingga hasil belajar siswa masih kurang sempurna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis ringkasan kelas IV SDN Gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kabupaten Kendal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis ringkasan kelas IV SDN Gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Pengambilan data menggunakan teknik tes dan unjuk kerja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD gugus Robert Wolter Monginsidi Kaliwungu Kendal. Populasi yang di gunakan berjumlah 256 siswa yang terbagi dalam 8 SD. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Data dianalisis dengan korelasi product moment,sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas pada uji coba instrumen, prasyarat analisis berupa uji normalitas, homogenetas, dan linieritas. Menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dibantu dengan SPSSfor windows 16. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar menulis ringkasan, ditunjukkan dengan perolehan hasil t hitung (4,544) > dari t table (1,671) pada taraf signifikasi 5%. Dan diperoleh besarnya pengaruh antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar menulis ringkasan siswa sebesar 21,8%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar menulis ringkasan dan juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar menulis ringkasan. Saran bagi siswa yaitu agar menyukai membaca serta meningkatkan kemampuan menulis ringkasan. Pihak sekolah hendaknya melakukan peningkatan program membaca siswa agar siswa kemapuan membaca pemahaman dan menulis menjadi lebih meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, kemampuan membaca pemahaman, menulis ringkasan.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 17 Oct 2016 08:43
    Last Modified: 17 Oct 2016 08:43

    Actions (login required)

    View Item