ANALISIS NILAI KARAKTER DONGENG DALAM BUKU “BAHASA INDONESIA UNTUK SD DAN MI KELAS III” SDN PANDEAN LAMPER 05 SEMARANG


Kiky Rosita Dewi , 1401412255 (2016) ANALISIS NILAI KARAKTER DONGENG DALAM BUKU “BAHASA INDONESIA UNTUK SD DAN MI KELAS III” SDN PANDEAN LAMPER 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412255.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Melalui media teknologi, anak-anak dengan mudah dapat mengikuti kejadian-kejadian di bagian manapun dari planet bumi ini secara cepat, bukan lagi dalam hitungan detik, tapi dalam saat yang bersamaan. Adanya kemudahan yang diberikan oleh teknologi internet menyebabkan siswa malas membaca buku untuk dan lebih memilih untuk mengakses melalui mesin pencarian. Kepedulian siswa dengan lingkungan juga masih kurang, hal ini dibuktikan dengan sikap siswa yang acuh terhadap sampah plastik yang berada di dekat siswa. Selain itu dampak negatif yang ditimbulkan adalah menurunnya rasa kejujuran siswa. Menurunnya kedisiplinan siswa merupakan dampak dari kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dongeng pada buku “Bahasa Indonesia untuk SD dan MI kelas III” SDN Pandean Lamper 05 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain studi kasus. Prosedur penelitian dalam skripsi ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Sumber data penelitian berupa buku “Bahasa Indonesia untuk SD dan MI kelas III” serta hasil kegiatan wawancara yang dilakukan peneliti dengan wali kelas III. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam dongeng yang terdapat pada buku “Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III” mengandung 5,56% nilai karakter religius, 5,56% nilai karakter jujur, 16,67% nilai karakter kerja keras, 5,56% nilai karakter mandiri, 16,67% nilai karakter rasa ingin tahu, 11,11% nilai karakter menghargai prestasi, dan 5,56% nilai karakter tanggung jawab. Simpulan penelitian ini adalah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 12 nilai karakter. Dongeng yang paling banyak mengandung nilai karakter adalah “Keong Emas” yaitu sebanyak enam nilai karakter. Dongeng yang berjudul “Pak Belalang” dan “Batu Menangis” masing-masing mengandung tiga nilai karakter. Nilai karakter yang muncul adalah religius, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, mandiri, menghargai prestasi, dan tanggung jawab. Saran yang diberikan adalah 1) bagi guru atau orang tua dapat menjadikan dongeng sebagai alternatif pilihan dalam mendidik anak tentang nilai-nilai karakter, 2) bagi siswa hendaknya dapat memilih karakter yang baik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan seharihari, 3) bagi penulis buku “Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas III” hendaknya lebih banyak menyisipkan nilai-nilai karakter dalam dongeng terutama nilai karakter yang belum muncul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku teks, dongeng, nilai karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:07
Last Modified: 17 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24304

Actions (login required)

View Item View Item