PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELA V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN


Saifur Rohman , 1401412248 (2016) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELA V SDN PONCOL 01 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412248.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pengaruh model think talk write terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SDN Poncol 01 Pekalongan. Penelitian ini adalah Penelitian eksperimen semu menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan pemberlakuan pretest dan posttest yang dilakukan di kedua kelas baik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah populasi 44 siswa. Kedua kelas harus dikontrol dengan teliti, sehingga pengaruh yang terjadi benar-benar merupakan hasil treatment yang diberikan Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes, wawancara, obervasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) harga t-hitung yaitu 4.158 lebih besar dibandingkan harga t-tabel yaitu 2.000 se-hingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen dengan rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen, (2) gain ternormalisasi pada kelas eksperimen yaitu 0,564220185 kategori peningkatan kategori sedang lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,180095 termasuk peningkatan rata-rata kategori rendah. Model think talk write memberikan pengaruh terhadap perubahan rerata pada kelas menjadikan siswa lebih antusias dalam pembelajaran, mampu mengemukakan gagasan yang didapatkan melalui pengamatan, antusias dalam pembelajaran, think talk write juga menjadi alternatif model pembelajaran dari guru dengan sintak yang mudah dilakukan untuk menciptakan suasana baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Model Think Talk Write; penelitian eksperimen
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:10
Last Modified: 17 Oct 2016 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24302

Actions (login required)

View Item View Item