PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA


Muhammad Fauzi , 1401412243 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412243.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan. Guru sebagai pendidik mempunyai kewajiban atau tanggung jawab dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional dan upaya peningkatan kualitas pendidikan. Hasil atau prestasi yang didapatkan oleh guru dapat dilihat dari hasil kinerja guru, terutama kinerja guru dalam mengajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kinerja mengajar guru diantaranya kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi. Kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi guru yang tinggi dapat meningkatkan kinerja mengajar guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 100guru. Sampel dalam penelitian ini mengacu padatabel Isaac dan Michael, sehingga didapatkan sampel sebanyak 78 dari 100 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk mengetahui kinerja mengajar guru, kompetensi pedagogik, dan motivasi berprestasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda dibantu program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru. Besar sumbangan kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar gurusebesar 78,2%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru. Besar sumbangan kompetensi pedagogik terhadap kinerja mengajar guru sebesar 42,7%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogikdan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru. Besar sumbangan kompetensi pedagogik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru sebesar 79,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja mengajar guru; kompetensi pedagogik; motivasi berprestasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:10
Last Modified: 17 Oct 2016 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24301

Actions (login required)

View Item View Item