PELAKSANAAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG
Anis Satus Sangadah, 1401412229 (2016) PELAKSANAAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV DI SD GUGUS PLANGKAWATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan keterampilan bertanya belum maksimal, beberapa komponen keterampilan bertanya belum dilaksanakan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang? Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di lima SD yang masuk kedalam Gugus Plangkawati Kota Semarang meliputi SDN Pudakpayung 01, SDN Pudakpayung 02, SDN Gedawang 01, SDN Gedawang 02 dan SDI Fitra Bhakti. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang, sedangkan sampelnya adalah guru dan dua siswa kelas IV di lima SD yang masuk dalam Gugus Plangkawati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV dikategorikan sangat baik di SDN Pudakpayung 01 dengan persentase 91,7%, SDN Pudakpayung 02 dengan persentase 84,7%, SDN Gedawang 02 dengan persentase 88,9%. Kategori baik diperoleh SDN Gedawang 01 dengan persentase 75%, dan SDI Fitra Bhakti dengan persentase 66,7%. Respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS yaitu siswa selalu menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase 81,4%. Respon siswa yaitu siswa selalu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru memahami komponen-komponen keterampilan bertanya, siswa hendaknya memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru agar dapat menjawab pertanyaan dengan benar, serta bagi sekolah hendaknya mengadakan evaluasi kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan, keterampilan, bertanya, IPS. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 12:09 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 12:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24297 |
Actions (login required)
View Item |