PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V
Ida Rakhmawati , 1401412225 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah peran guru. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh seorang guru sangat bergantung kepada keterampilan seorang guru dalam mengajar. Selain faktor guru dan mata pelajaran, persepsi siswa terhadap guru saat mengajar juga mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran IPS Kelas V SD Gugus RA. Kartini Kota Semarang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan guru mengadakan variasi guru pada pembelajaran IPS kelas V SD Gugus RA. Kartini Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus RA. Kartini Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 224 siswa kemudian diambil sampel sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu. Data penelitian diperoleh dari angket (kuesioner) yang diisi oleh siswa akan diolah dan dianalisis secara deskriptif dengan rerata skor dari jawaban siswa dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa termasuk dalam kategori baik dengan rerata skor 3.2381 dan 37 responden (51.39%) memiliki persepsi dengan kategori baik. Artinya siswa memiliki pandangan setuju terhadap keterampilan mengadakan variasi yang dilakukan guru meliputi gaya mengajar, media dan bahan pengajaran, serta pola interaksi dan kegiatan pada pembelajaran IPS kelas V SD Gugus RA. Kartini Kota Semarang. Pihak sekolah hendaknya dapat menyediakan fasilitas dan sarana untuk guru dan siswa sehingga guru dapat melakukan keterampilan mengajar secara optimal dan berdampak timbulnya persepsi yang positif dari siswa terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, keterampilan variasi, persepsi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 12:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 12:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24286 |
Actions (login required)
View Item |