KEEFEKTIFAN MODEL GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS


Nur Endah Sari , 1401412208 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL GALLERY WALK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412208.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan di Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam pelaksanaannya masih menerapkan model konvensional, sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan membosankan. Pembelajaran yang demikian menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Model gallery walk dapat dijadikan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penerapan model gallery walk, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model gallery walk terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sokawera. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 44 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa kelas eksperimen dan 23 orang siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar pengamatan model serta aktivitas belajar siswa, dan soal tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji one sampel t-test untuk uji hipotesis. Hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (6,445 > 2,018) dan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (2,358 > 2,018) dan signifikansi 0,023 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi antara siswa kelas V yang mendapatkan pembelajaran dengan model gallery walk dibandingkan dengan yang menerapkan model konvensional. Hasil uji hipotesis keefektifan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (6,732 > 2,086) dan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (3,644 > 2,086) dan signifikansi 0,002 < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model gallery walk lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sokawera dibandingkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; model gallery walk
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:07
Last Modified: 17 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24282

Actions (login required)

View Item View Item