STUDI IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG SKRIPSI


Naela Khusna Faela Shufa , 1401412179 (2016) STUDI IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412179.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru untuk menunjang proses pembelajaran, namun seringkali terabaikan karena kesadaran guru akan pentingnya penggunaan media pembelajaran masih kurang, banyak guru yang belum memanfaatkan media pada proses pembelajaran secara optimal khususnya pembelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian deskriptif tentang pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya melalui wawancara, angket, dan pengamatan langsung dilapangan (observasi). Alur analisis data melalui data collection, data reduction, data display ,dan conclusions drawing/verifying. Populasi dari penelitian ini adalah SDN se Kecamatan Mijen, sedangkan sampel yang diambil adalah 8 SDN yang ada di Kecamatan Mijen meliputi SDN Jatisari, SDN Tambangan 01, SDN Bubakan, SDN Cangkiran, SDN Wonoopo 01, SDN Jatibarang 01, SDN Kedungpane 02, SDN Purwosari 02. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: dalam penelitian ini ditemukan bahwa guru telah memanfaatkan media pembelajaran dengan sangat baik pada saat proses pembelajaran IPA. Guru juga sudah menggunakan media yang bervariasi dan terampil dalam mengelola pembelajaran, sehingga tercipta iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Dalam pemanfaatannya kendala yang biasanya dialami guru adalah keterbatasan media yang tersedia di sekolah, penggunaan media IT karena tidak semua guru menguasai penggunaan IT. Sedangkan hasil angket mengenai persepsi siswa tentang pemanfatan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPA sudah sangat baik yang meliputi persepsi penggunaan media pembelajaran oleh siswa, tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran, frekuensi menggunakan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan manfaat penggunaan media pembelajaran menurut siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan umum yang didapatkan pemanfatan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mijen sudah sangat baik. Dengan adanya temuan penelitian ini, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi terhadap penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, IPA, Media Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:12
Last Modified: 17 Oct 2016 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24281

Actions (login required)

View Item View Item