KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELLING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS SISWA KELAS IV SD NEGERI RANDUGUNTING 5 KOTA TEGAL


Maya Noviyanti , 1401412157 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELLING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS SISWA KELAS IV SD NEGERI RANDUGUNTING 5 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412157.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK memiliki peranan penting dalam diri siswa. Melalui seni budaya dan keterampilan siswa dapat mengembangkan kemampuan dasar dalam diri siswa seperti kemampuan fisik, perseptual, intelektual, emosional, kreativitas sosial dan estetika. Pembelajaran SBK dalam pelaksanaannya masih menerapkan metode ceramah, sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan membosankan. Pembelajaran yang demikian menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Teknik pembelajaran modelling dapat dijadikan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran SBK khususnya seni rupa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan teknik pembelajaran modelling terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran SBK materi membuat kerajinan dari kertas. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Randugunting 5 dan SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 57 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari kelas eksperimen dan 30 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel ttest, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,774> 2,004) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,141> 2,004) dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar seni rupa antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik modelling dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji pihak kanan, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,015> 2,056). Sementara itu, hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,978> 2,056). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan teknik pembelajaran modelling lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar seni rupa siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teknik Modelling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:09
Last Modified: 17 Oct 2016 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item