KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILANPADA SISWA KELAS V SDN GUGUS PIRRETENDEAN KABUPATEN KENDAL


Ulfa Fadillah , 1401412153 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILANPADA SISWA KELAS V SDN GUGUS PIRRETENDEAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412153.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Seni budaya dan keterampilan hendaknya menarik minat siswa supaya merasa senang dalam proses belajar mengajar. Data awal menunjukan hasil belajar seni musik kelas V SDN Gugus Pirretendean Kbupaten Kendal belum maksimal. Faktor penyebabnya adalah (1) pada saat pembelajaran guru belum mengoptimalkan media, (2) siswa tidak terlalu tahu mengenai lagu-lagu daerah, (3) pembelajaran masih berpusat pada guru, (4) kegiatan diskusi kelompok belum berjalan dengan optimal, (5) pembelajaranya masih bersifat satu arah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakah ada perbedaan antara hasil belajar pada kelas V SDN Gugus Pirretendean Kabupaten Kendal yang di ajar menggunakan media audio visual dan siswa tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran ragam lagu daerah nusantara. Serta apakah penggunaan media audio visual lebih efektif dalam pembelajaran seni musik materi ragam lagu daerah nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajarsiswa dengan menggunakan media audio visual dengan yang natural dan apakah efektif digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar menjadi lebih maksimal. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Pirretendean Kabupaten Kendal. Sampel penelitian diambil menggunakan cluster random sampling dan terpilih SDN 01 Sumberejo sebagai kelompok eksperimen dan SDN 03 Sumberejo sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t diketahui nilai t hitung sebesar 4,305 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai thitung> ttabel (4,305>2,080) dan nilai signifikansi (0,000< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang diberi perlakuan dengan yang tidak. Simpulan penelitian ini adalah media audio visual lebih efektif terhadap hasil belajar seni musik materi ragam lagu daerah nusantara pada siswa kelas V SDN Gugus Pirretendean Kabupaten Kendal. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya lebih memanfaatkan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Audio Visual , Hasil Belajar, Ragam Lagu Daerah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2016 12:07
Last Modified: 17 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24276

Actions (login required)

View Item View Item