KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KARANGDADAP KABUPATEN BANYUMAS

Dwi Yuniasih Saputri , 1401412148 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KARANGDADAP KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Pembelajaran matematika di sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pembelajaran yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti akan mengujikan sebuah model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun datar di SD. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Karangdadap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir. Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa t hitung>ttabel (10,047>-2,011). Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa t hitung>ttabel (3,221>-2,011) maka dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar yang menerapkan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji pihak kanan, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (16,664>-2,069) dan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,897>-2,069) dan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05). Jadi penerapan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Matematika; Two Stay Two Straym, Van Hiele
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 17 Oct 2016 08:08
    Last Modified: 17 Oct 2016 08:08

    Actions (login required)

    View Item