PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF SISWA KELAS V GUGUS KENANGA KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI


Maulida Wardana , 1401412203 (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK INTENSIF SISWA KELAS V GUGUS KENANGA KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412203.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah perubahan energi pada diri seseorang yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi tentu yang dapat menggerakkan diri sendiri untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Berdasarkan pra penelitian di SDN Gugus Kenaga Kenanga Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati ditemukan perilaku siswa banyak yang mencerminkan motivasi belajar yang rendah serta ditemukan keterampilan menyimak yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak ? 2. Seberapa kuat pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak ?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mencari kebenaran pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak. 2. Seberapa kuat pengaruh positif motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Kenanga dengan jumlah 201 siswa dengan jumlah sampelnya 61 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji liniearitas. Hasil penelitian menggunakan program SPSS diperoleh hasil rhitung 0,752, sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 61 adalah sebesar 0,248. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,752 > 0,248). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara motivasi belajar dan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Gugus Kenanga. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki kontribusi dalam meningkatakan keterampilan menyimak intensif dan “Ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menyimak Intensif ”. Saran bagi guru perlu pengembangan program khusus siswa untuk lebih memberikan bimbingan motivasi siswa. Bagi sekolah sarana audiovisual bagi siswa SD sangat penting untuk mendukung kelancaran dan kemudahan belajar, terutama keterampilan menyimak intensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Keterampilan Menyimak Intensif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2016 12:00
Last Modified: 14 Oct 2016 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24271

Actions (login required)

View Item View Item