KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS RA KARTINI

Biyatini , 1401412202 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS RA KARTINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2957Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang dirancang untuk membentuk peserta didik yang cerdas, terampil, barkarakter, serta memahami hak-hak dan kewajibannya sehingga dapat menjadi warga Negara yang baik dan bertanggung jawab. Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SDN Gugus RA Kartini telah ditemukan data berupa kemampuan berpikir kritis siswa kurang dan dalam proses pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai dalam mata pelajaran PKn, sehingga hasil belajar PKn kelas IV masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini, bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan model TGT di kelas IV SDN Gugus RA Kartini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model TGT bila dibandingkan dengan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn materi Globalisasi siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi globalisasi dengan model TGT kelas IV SDN Gugus RA Kartini. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus RA Kartini dengan sampel penelitian adalah kelas IV SDN Bumiharjo 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Serut sadang sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini berupa model TGT dan hasil belajar PKn materi Globalisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan ratarata, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model TGT efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen pada thitung > ttabel, yaitu 2,068>2,021, sedangkan pada kelas kontrol adalah 2,133>2,2021. Sehingga didapat kesimpulan Ha diterima yaitu, model TGT lebih efektif dibandingkan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus RA Kartini. Simpulan penelitian ini adalah model TGT efektif digunakan pada pembelajaran PKn karena adanya peningkatan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan model TGT pada pembelajaran PKn karena pembelajarannya mengajak siswa belajar sambil bermain dengan memperbaiki langkah pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; PKn; Teams Games Tournament.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 14 Oct 2016 07:59
    Last Modified: 14 Oct 2016 07:59

    Actions (login required)

    View Item