PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG


Fatia Ulfa , 1401412199 (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412199.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia dapat diwujudkan melalui pendidikan. Mutu suatu pendidikan dapat diketahui melalui hasil belajar. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu diantaranya pembelajaran matematika. Faktorfaktor yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar antara lain gaya belajar dan motivasi belajar. Gaya belajar dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, merupakan suatu faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar, termasuk matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 334 responden dengan sampel sebanyak 182 responden yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis koefisien bersama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,548 > 1,973. Korelasi sebesar 0,321. Untuk besar sumbangan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 10,3%.; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,176 > 1,973. Korelasi sebesar 0,418. Untuk besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 17,5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 31,513 > 3,046. Korelasi sebesar 0,510. Untuk besar sumbangan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 26%. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti pengelola pendidikan dan pemerintah hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas guru agar memiliki keterampilan mengajar yang memadai termasuk dalam memahami gaya belajar siswa serta membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar; Hasil Belajar Matematika; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2016 11:59
Last Modified: 14 Oct 2016 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24269

Actions (login required)

View Item View Item