PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IVB SD NEGERI MANYARAN 03

Eni Isnayanti , 1401412198 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI GLOBALISASI KELAS IVB SD NEGERI MANYARAN 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3853Kb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang ingin membentuk warganegara yang cinta kapada bangsanya melalui penanaman nilainilai luhur dalam setiap individu. Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SD Negeri Manyaran 03 melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar ditemukan bahwa, guru kelas belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran PKn dan hanya menggunakan gambar yang terdapat pada buku pegangan siswa, hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu dilakukan pengembangan media komik berbasis multimedia dengan powerpint pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah model dan desain media komik berbasis multimedia dengan powerpoint pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IVB SD Negeri Manyaran 03, sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media komik berbasis multimedia dengan powerpoint pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri Manyaran 03, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVB yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kelayakan media, analisis keefektifan media dan aktivitas siswa. Media komik berbasis multimedia dengan powerpoint dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, dengan persentase kelayakan komponen isi 97,5% termasuk kriteria sangat layak, komponen kebahasaan 80% dengan kriteria layak dan komponen penyajian 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 6,854 dan ttabel sebesar 1,66. Persentase aktivitas siswa pertemuan I sebesar 82.5% termasuk kriteria baik dan pada pertemuan II sebesar 85.5% termasuk kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini yaitu media komik berbasis multimedia dengan powerpoint layak digunakan pada pembelajaran PKn materi globalisasi dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran PKn terhadap hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni media komik berbasis multimedia dengan powerpoint yang dikembangkan pada pemebelajaran PKn materi Globalisasi dapat digunakan dengan memperbaiki komponen penyajian yang disesuaikan dengan karakteristik siswa agar pembelajaran menjadi lebih bermakna.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: globalisai; komik; multimedia; PKn; powerpoint
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 14 Oct 2016 08:00
    Last Modified: 14 Oct 2016 08:00

    Actions (login required)

    View Item