PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG

Indah Purnama Sari , 1401412197 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN TAMBAKAJI 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara dan bertujuan untuk melatih siswa berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif serta berperan aktif dalam menghadapi persoalan negaranya. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Tambakaji 04 Semarang melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar ditemukan informasi bahwa pembelajaran PKn belum optimal dan media yang terbatas pada gambar yang ada pada buku teks siswa, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar PKn memiliki rerata rendah. Sehingga perlu dikembangkan media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah adalah bagaimana cara mengembangkan desain dan komponen media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain dan komponen media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tambakaji 04 yang menjadi sampel adalah siswa kelas VC dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, uji gain, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama berbasis audiovisual layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 97,5%, komponen penyajian 95% dan komponen kebahasaan 75%. Media diorama berbasis audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 2,181 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,343 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa memperoleh skor dengan persentase 81% kriteria sangat tinggi pada pertemuan pertama dan memperoleh skor dengan persentase 85% kriteria sangat tinggi pada pertemuan 2. Simpulan penelitian ini adalah media diorama berbasis audiovisual efektif digunakan pada pembelajaran Pkn materi keputusan bersama dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media diorama berbasis audiovisual pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan desain dan komponen media terhadap materi yang akan diajarkan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media diorama; Audiovisual; PKn
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 14 Oct 2016 08:00
    Last Modified: 14 Oct 2016 08:00

    Actions (login required)

    View Item