PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ISI CERPEN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG


Lusiari Rahmawati , 1401412181 (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ISI CERPEN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS DEWI KUNTHI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412181.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas menyimak memerlukan sebuah ingatan untuk memahami sebuah bacaan. Dari ingatan tersebut siswa dapat menggunakan sebuah informasi dan pesan untuk menuangkan dalam sebuah tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menyimak cerpen terhadap kemampuan menulis isi cerpen siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang sejumlah 227 siswa. Sampel penelitian ini 68 siswa, diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan angket. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan menyimak cerpen terhadap kemampuan menulis isi cerpen pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Kunthi Kota Semarang yang ditunjukkan dengan thitung>ttabel (18,035>1,997) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Dengan demikian untuk Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Saran bagi guru hendaknya dapat melakukan pembelajaran yang dapat menunjang peningkatan keterampilan menyimak. Langkah guru yang dapat dilakukan dengan meningkatkan minat baca siswa, menyediakan buku tentang cerita anak agar informasi yang diterima oleh siswa digunakan untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerpen, kemampuan menulis, keterampilan menyimak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2016 12:00
Last Modified: 14 Oct 2016 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24265

Actions (login required)

View Item View Item