KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG

Fifin Eka Yuliana , 1401412126 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLANGKAWATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3535Kb)

    Abstract

    Data awal menunjukkan hasil belajar IPA kelas IV SDN Gugus Plangkawati Semarang belum maksimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran di kelas sudah menggunakan pembelajaran kooperatif, tetapi belum terlihat jelas nama model pembelajarannya, bahan ajar yang digunakan LKS dan menggunakan buku paket, guru pada pembelajaran menggunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Selain itu, kesempatan siswa untuk berdiskusi belum dilakukan secara maksimal. Sehingga siswa cenderung individualis dan belum bisa berfikir secara kritis dalam menyelesaikan permasalahan. Model pembelajaran Picture and Picture dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga siswa dapat berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan, selain itu juga model ini sangat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa sekolah dasar, karena model ini membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan membuat siswa lebih mengetahui aplikasi materi yang akan disampaikan melalui gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran jigsaw lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam siswa kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Pati. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Plangkawati Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dan terpilih SDN Gedawang 01 sebagai kelompok eksperimen dan SDN Gedawang 02 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelass kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 80,02 , sedangkan kelas kontrol 73,88. Hasil uji t menunjukkan thitung sebesar 9,38318, sedangkan ttabel sebesar 2,02. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan di antara kedua kelompok tersebut. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture efektifterhadap hasil belajar IPA materi Perubahan Lingkungan Fisik siswa kelas IV SDN GugusPlangkawati Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IPA; keefektifan; picture and picture
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 14 Oct 2016 07:59
    Last Modified: 14 Oct 2016 07:59

    Actions (login required)

    View Item