Pembelajaran Sistem Saraf dengan Model Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI) Berbasis Teknologi Informasi di SMA N 2 Kudus


Dewi Alimah, 4401406026 (2010) Pembelajaran Sistem Saraf dengan Model Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI) Berbasis Teknologi Informasi di SMA N 2 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Sistem Saraf dengan Model Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI) Berbasis Teknologi Informasi di SMA N 2 Kudus]
Preview
PDF (Pembelajaran Sistem Saraf dengan Model Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI) Berbasis Teknologi Informasi di SMA N 2 Kudus) - Published Version
Download (56MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan model SAVI (Somatik, Auditori, Visuali, Intelektual) mengajak siswa belajar dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indera agar hasil belajar siswa menjadi lebih optimal. Pengaktifan semua indera dapat dirangsang dengan bantuan slide multimedia sebagai media belajar dan internet sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran sistem saraf dengan model SAVI berbasis TI di SMA N 2 Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 2 Kudus yang berjumlah 196 siswa dan terbagi menjadi 5 kelas. Sampel penelitian sebanyak 79 siswa di 2 kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian yakni Posttest-Only Control Design. Variabel bebas penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SAVI berbasis TI dan variabel terikatnya adalah hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa dan guru. Pembelajaran SAVI berbasis TI dikatakan efektif apabila ada perbedaan hasil belajar yang menunjukkan kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan ketentuan: ≥85% siswa mencapai nilai 70 secara kognitif, ≥75% nilai afektif dan psikomotorik siswa dalam kriteria baik atau sangat baik, ≥75% siswa aktif atau sangat aktif dan tanggapan siswa dan guru positif terhadap model SAVI berbasis TI. Penelitian menunjukkan hasil belajar kelompok eksperimen memiliki ratarata 80,01 lebih baik dari pada kelompok kontrol dengan rata-rata 73,97, ketuntasan klasikal kelompok eksperimen mencapai 97,5%, 95% siswa kelompok eksperimen memiliki nilai psikomotorik dalam kriteria baik atau sangat baik, 90% siswa dalam kriteria aktif atau sangat aktif dan 75% siswa memiliki tanggapan dalam kriteria baik atau sangat baik. Model tersebut ditanggapi positif oleh guru. Nilai afektif minat siswa dalam kriteria baik atau sangat baik 8% dan sikap siswa dalam kriteria baik atau sangat baik 52,5%. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa model pembelajaran somatik auditori visual intelektual (SAVI) berbasis TI efektif diterapkan pada materi pembelajaran sistem saraf di SMA. Dengan demikian pembelajaran SAVI berbasis TI dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem saraf, SAVI, teknologi informasi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2011 02:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item