HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI DI KECAMATAN TEMANGGUNG KOTATEMANGGUNG

Anik Puspo Rini , 1401412167 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI DI KECAMATAN TEMANGGUNG KOTATEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2561Kb)

    Abstract

    Perhatian orang tua merupakan bentuk dukungan yang diberikan orang tua untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajarnya. Berdasarkan observasi awal siswa SD Negeri di Kecamatan Temanggung diidentifikasikan kurang termotivasi dalam belajar karna beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya perhatian orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri di Kecamatan Temanggung Kota Temanggung?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri di Kecamatan Temanggung Kota Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan dua variabel. Populasinya adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri Gugus Yudistiro berjumlah 260 siswa. Sampel 104 siswa diambil dengan tehnik proporsional random sampling sebanyak 40% dari jumlah populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,352 > dari 0,104 dan harga signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga perhatian orang tua mempunyai hubungan yang positif, walaupun tingkat hubungannya masih tergolong “rendah”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Gugus Yudistiro di Kecamatan Temanggung Kota Temanggung, yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang menunjukkan > (0,352 > 0,104). Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi orang tua; menanyakan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anak dalam belajar, menyediakan fasilitas belajar, serta mendampingi anak saat belajar. Bagi siswa; selalu bersungguhsungguh dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru dan Kepala Sekolah; diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan orang tua dalam meningkatkan motivasibelajar siswa. Serta bagi peneliti selanjutnya; diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar selain perhatian orang tua, sehingga dapat diketahui kontribusi yang diberikan untuk motivasi belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; perhatian orang tua
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 13 Oct 2016 08:05
    Last Modified: 13 Oct 2016 08:05

    Actions (login required)

    View Item