HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL


WINDI WINANDARI , 1401412166 (2016) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412166.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penciptaan iklim kelas yang positif merupakan keharusan bagi terbangunnya proses belajar yang baik. Iklim kelas diarahkan untuk mewujudkan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan agar dapat memotivasi peserta didik untuk dapat belajar dengan baik sesuai dengan perkembangan dan kemampuannya. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam belajar karena dengan adanya motivasi akan menentukan arah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal sejumlah 279 siswa. Sampel penelitian ini 100 siswa, diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan iklim kelas termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 75,64 dan motivasi belajar termasuk dalam tinggi dengan skor rata-rata 79,36. Berdasarkan hasil hipotesis (product moment) diperoleh angka indeks korelasi ( ) sebesar 0,622 yang berarti ada korelasi atau hubungan antar kedua variabel yang termasuk kategori koefisien korelasi kuat. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Ahmad Yani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang menunjukkan > ( 0,622 > 0,195). Saran bagi guru diharapkan mampu menciptakan iklim kelas yang positif, dengan begitu akan memotivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hubungan; iklim kelas; motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:04
Last Modified: 13 Oct 2016 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24247

Actions (login required)

View Item View Item