PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI


PRIYATI OKTAVIASARI , 1401412159 (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412159.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca pemahaman digunakan untuk memeroleh informasi dari suatu bacaan secara menyeluruh sehingga siswa mengetahui unsur-unsur pembangun dari bacaan tersebut. Sehingga membaca pemahaman dapat membantu siswa dalam kegiatan apresiasi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek siswa kelas V SD di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Penelitian dilaksanakan pada tujuh SD di Gugus Sultang Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati, pada bulan Mei 2016. Populasinya adalah siswa kelas V SD di Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati sejumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Proportional Random Sampling dengan jumlah 60 siswa (50%). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji korelasi, dan regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan mengapresiasi cerita pendek yaitu sebesar 0,828 termasuk dalam kategori sangat kuat. Perhitungan persamaan regresi menunjukkan Ŷ = 0,611 + 0,816X, artinya apabila nilai kemampuan membaca pemahaman bertambah satu satuan, maka nilai kemampuan mengapresiasi cerita pendek akan bertambah 0,816. Nilai determinasi kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengapresiasi cerita pendek sebesar 68,6%, artinya kemampuan mengapresiasi cerita pendek 68,6% ditentukan oleh tingginya kemampuan membaca pemahaman, dan 31,4% ditentukan oleh faktor lainnya, misalnya tingkat intelegensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif dan pengaruh signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan mengapresiasi cerita pendek. Hal ini harus menjadi perhatian guru dalam proses pembelajaran, guru perlu merencanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang peningkatan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan; membaca pemahaman; mengapresiasi cerita pendek
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:07
Last Modified: 13 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item View Item