PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SBK MATERI MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SDN GUGUS KENANGA KABUPATEN KEBUMEN


Ni’matul Khoeriyah, 1401412154 (2016) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SBK MATERI MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SDN GUGUS KENANGA KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK di kelas IV SDN Gugus Kenanga Kabupaten Kebumen yang belum efektif mengakibatkan hasil belajar SBK siswa belum optimal. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran SBK yang bermakna, guru harus mendesain model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran SBK. Model Direct Instruction cocok diterapkan pada pembelajaran SBK di SD karena model ini dirancang untuk penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan karakter pembelajaran SBK. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Direct Instruction terhadap hasil belajar SBK dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran SBK materi membuat karya kolase siswa kelas IV SDN Gugus Kenanga Kabupaten Kebumen. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Tersobo berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Sidogede berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji hipotesis, dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung lebih besar dibandingkan harga t-tabel (7,803 > 2,021) dan signifikansi (0,00 < 0,05), artinya Ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata hasil belajar SBK antara kelas eksperimen dan kontrol. Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat pada rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,552 (kategori sedang). Rata-rata skor aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan persentase sebesar 76,22% lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 58,82,12%. Peningkatan hasil belajar SBK dan aktivitas siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol disebabkan karena perlakuan model Direct Instruction pada kelas eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah model Direct Instruction memberikan pengaruh pada pembelajaran SBK yaitu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Saran dalam penelitian yaitu hendaknya siswa lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengikuti pembelajaran SBK; guru hendaknya mengkolaborasikan model Direct Instruction dengan metode lain agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan; sekolah hendaknya mengambil kebijakan untuk menerapkan model Direct Instruction tidak hanya pada pembelajaran SBK, tetapi juga pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model direct instruction, SBK, kolase
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:07
Last Modified: 13 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24243

Actions (login required)

View Item View Item