HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


NOOR WIDATUL QONI’AH , 1401412162 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412153.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar yang bermakna. Belajar dengan disiplin terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Dwija Harapan sebanyak 237 siswa dan diambil sampel sebanyak 107 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 78,3 dan hasil belajar PKn siswa juga termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 71,98. Hal ini berarti, ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang yang terlihat pada perolehan koefisien korelasi sebesar 0,682 > dari rtabel 0,230 dengan interpretasi (tingkat hubungan) kuat. Dari hasil penelitian tersebut, guru dan sekolah diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kedisiplinan siswa, karena semakin tinggi kedisiplinan siswa maka akan semakin baik hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kedisiplinan, PKn SD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:04
Last Modified: 13 Oct 2016 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24241

Actions (login required)

View Item View Item