Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Penjas di SMA Negeri Se-Kecamatan Purworejo pada tahun pelajaran 2010/2011


Muhammad Nur Arbain, 6101405041 (2010) Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Penjas di SMA Negeri Se-Kecamatan Purworejo pada tahun pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Penjas di SMA Negeri Se-Kecamatan Purworejo pada tahun pelajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Penjas di SMA Negeri Se-Kecamatan Purworejo pada tahun pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (80MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa kenyataan di SMA Negeri se- Kecamatan Purworejo saat mengikuti evaluasi pembelajaran penjas masih ada siswa yang bersikap indisipliner, perubahan sikap siswa ada yang belum menampakkan ke arah sikap hidup sehat, adanya guru yang kurang mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses evaluasi seperti kurang memaksimalkan waktu, tidak mempersiapkan RPP sehingga tujuan dari pedidikan jasmani belum sepenuhnya tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran penjas di SMA Negeri se-Kecamatan Purworejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran Penjas di SMA Negeri Se-Kecamatan Purworejo pada tahun pelajaran 2010/2011. Populasi adalah guru penjas di SMA N I Purworejo dan SMA N 7 Purworejo yang juga menjadi sampel penelitian (total sampling), yaitu guru penjas kelas X, XI, dan XII, sehingga jumlah seluruh populasi dan sample sebanyak 6 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah tujuan evaluasi (75,23%), syarat-syarat evaluasi (75%), sasaran/objek evaluasi (80%), kesiapan guru dalam melakukan evaluasi (61,66%), langkah-langkah pokok dalam melakukan evaluasi hasil belajar (81,66%), teknik dalam melakukan evaluasi (67,50%), penentuan komponen nilai (71,66%), faktor-faktor perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir (73,33%). Pembahasan dari hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat 7 aspek dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran penjas yang sudah dilaksanakan dengan cukup baik dan 1 aspek yang perlu diperbaiki pelaksanaanya oleh guru penjas SMA Negeri se Kecamatan Purworejo. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan data hasil penelitian pada 6 guru penjas SMA Negeri se Kecamatan Purworejo, 87,5% sudah melaksanakan evaluasi pembelajaran penjas dengan cukup baik, dan 12,5% masih kurang baik, terutama kesiapan guru dalam melakukan evaluasi. Saran yang dianjurkan penulis adalah (1) Bagi guru penjas di SMA Negeri se-Kecamatan Purworejo hendaknya mempertahankan dan lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan evaluasi yang dilakukan agar hasil yang diperoleh lebih optimal. (2) Bagi mahasiswa jurusan Penjas hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran penjas agar dapat memperoleh hasil penelitian yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya kualitas pendidikan di bidang pendidikan jasmani di Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2011 02:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item