KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KARANGDADAP KABUPATEN BANYUMAS


Dwi Yuniasih Saputri , 1401412148 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBASIS TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN KARANGDADAP KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412148.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya pembelajaran yang efektif dan mengaktifkan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti akan mengujikan sebuah model pembelajaran Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun datar di SD. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Karangdadap. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir. Berdasarakan hasil uji hipotesis data aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa thitung>ttabel (10,047>-2,011). Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,221>-2,011) maka dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar yang menerapkan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele lebih tinggi daripada pembelajaran yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji pihak kanan, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (16,664>-2,069) dan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung> ttabel (4,897>-2,069) dan nilai signifikansi <0,05 (0,000<0,05). Jadi penerapan model Two Stay Two Stray berbasis teori Van Hiele terbukti efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Matematika; Two Stay Two Stray; Van Hiele
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:07
Last Modified: 13 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item