KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG


NONIEK SUSILOWATI , 1401412130 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

PKn sebagai mata pelajaran yang memiliki aspek utama sebagai pendidikan nilai dan moral yang akhirnya bermuara pada pengembangan karakter peserta didik yang merujuk pada nilai–nilai dan moral Pancasila. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma ditemukan permasalahan yaitu guru masih menekankan penguasaan materi dengan hafalan semata dan tergolong sulit bagi peserta didik, guru sudah menerapkan pembelajaran berkelompok, namun pelaksanaannya kurang maksimal. Untuk mengatasi permasalahan, maka dilaksanakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran TAI dan TPS. Rumusan masalahnya yaitu apakah model TAI lebih efektif daripada model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui model pembelajaran TAI lebih efektif daripada TPS terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling dengan 26 siswa kelas V SDN Ngaliyan 05 sebagai kelas eksperimen dengan model TAI dan 28 siswa kelas V SDN Podorejo 02 sebagai kelas kontrol dengan model TPS. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes yang telah diujicobakan dan diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda. Analisis hasil penelitian menggunakan uji Lilliefors, uji Bartlett, kesamaan rata-rata dengan uji t dua pihak, uji z, uji t satu pihak, uji t gain dan t n-gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) model TAI efektif terhadap hasil belajar PKn dengan perolehan zhitung > ztabel , yaitu zhitung = 2,03809 dan ztabel = 1,64; (2) model TPS efektif terhadap hasil belajar PKn dengan perolehan zhitung > ztabel yaitu zhitung = 1,74574 dan ztabel = 1,64; (3) model TAI lebih efektif daripada model TPS dengan perolehan zhitung > ztabel yaitu thitung = 5,72 dan ttabel = 1,671. Perolehan hipotesis 3 didukung dengan rata-rata gain dan n-gain. Rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 13,32 (sedang) dan n-gain sebesar 0,35 (sedang). Sedangkan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 10,04 (sedang) dan n-gain sebesar 0,24 (rendah). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran TAI lebih efektif daripada TPS terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Saran penelitian ini yaitu model pembelajaran TAI hendaknya digunakan sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang menggantikan bentuk persaingan dengan saling kerjasama bertukar pendapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PKn, team assisted individualization, think pair share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:05
Last Modified: 13 Oct 2016 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item View Item