KEEFEKTIFAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHANALAM SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTORO PATI

Hanik Maftuha , 1401412119 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TGT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHANALAM SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTORO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    IPA merupakan mata pelajaran yang wajib dalam kurikulum pendidikan dasar. Data awal menunjukkan hasil belajar IPA SD Gugus Ki Hajar Dewantoro Pati belum maksimal. Dari hasil observasi diperoleh data, guru belum sepenuhnya menggunakan metode yang inovatif dan menyenangkan. Sudah ada diskusi kelas, namun belum berjalan maksimal, siswa yang berkemampuan akademis tinggi cenderung lebih menonjol dan pada saat mengerjakan tugas kelompok hanya satu atau dua siswa dalam kelompok yang bekerja. Berdasarkan hal tersebut diperlukan upaya untuk meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran IPA. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). TGT melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan siswa sebagai tutor sebaya, mengandung unsur permainan, menumbuhkan tanggungjawab, kerjasama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran TGT lebih efektif daripada model kelompok tradisional terhadap hasil belajar IPA materi perubahan alam siswa kelas V SD Ki Hajar Dewantoro Pati?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT daridapa model kelompok tradisional terhadap hasil belajar IPA materi perubahan alam siswa kelas V SD Ki Hajar Dewantoro Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dan bentuk Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantoro dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling dan terpilih SDN Giling 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Jrahi 01 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas yaitu model TGT, variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V, dan variabel kontrol yaitu materi perubahan alam. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 82,35, sedangkan kelas kontrol 71,30. Hasil uji t menunjukkan thitung = 10,9 > ttabel = 2,02, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap hasil belajar IPA materi perubahan alam siswa kelas V SD Ki Hajar Dewantoro Pati.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar; ilmu pengetahuan alam; teams games tournament
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 13 Oct 2016 08:06
    Last Modified: 13 Oct 2016 08:06

    Actions (login required)

    View Item