KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS BUKIT HARAPAN KESESI PEKALONGAN

Eka Yekti Maulidah , 1401412115 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PADA KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS BUKIT HARAPAN KESESI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1940Kb)

    Abstract

    Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan yang belum efektif mengakibatkan keterampilan menulis pantun belum optimal. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran untuk membantu pembelajaran menjadi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan yang menerapkan model Think Talk Write dengan yang menerapkan model konvensional; 2) menguji keefektifan model Think Talk Write dibandingkan model konvensional pada Keterampilan Menulis Pantun siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan jika variabel usia tidak diperhitungkan; 3) menguji keefektifan model Think Talk Write dibandingkan model konvensional pada keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan jika variabel usia diperhitungkan. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan sebanyak 56 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan Randomized Group Assighment.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t-test, anava, dan anakova. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa: 1) ada perbedaan model think talk write dengan model konvensional pada keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 75,9 dan kelompok kontrol 70,2; 2) Model think talk write efektif dibandingkan model konvensional pada keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan jika variabel usia tidak diperhitungkan ditunjukkan dengan fhitung lebih besar dari ftabel (8,869>4,02); 3) Model think talk write tidak efektif dibandingkan dengan model konvensional pada keterampilan menulis pantun siswakelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan jika variabel usia diperhitungkan.dengan fhitung lebih kecil dari ftabel (0,036<4,02). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat model think talk write efektif pada keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri Gugus Bukit Harapan Kesesi Pekalongan

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan;think talk write;keterampilan; menulis; pantun
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 13 Oct 2016 08:07
    Last Modified: 13 Oct 2016 08:07

    Actions (login required)

    View Item