KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS NYAI AGENG SERANG TUGU SEMARANG
Eva Nizar Zulmi , 1401412114 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN GUGUS NYAI AGENG SERANG TUGU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang yang belum efektif mengakibatkan keterampilan menulis narasi belum optimal. Pembelajaran menulis karangan narasi yang dilakukan guru menggunakan penugasan langsung dengan media teks bacaan. Oleh karena itu, guru perlu memanfaatkan media pembelajaran untuk membantu pembelajaran menjadi inovatif. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumusakan permasalahan yaitu bagaimanakah keefektifan media gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian True- Experimental Design dengan populasi semua siswa kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang berjumlah 179 orang, yaitu kelas eksperimen 25 orang dan kelas kontrol 21 orang. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes unjuk kerja,observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah diuji cobakan sebelumnya menggunakan uji reliabilitas rater dan uji validasi isi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t (independent sampel t-test). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa data pradata kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga thitung pradata lebih kecil dari t-tabel (-0,30956 < 1,684), artinya Ho diterima. Ho diterima artinya antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai varians yang sama pada saat pradata. Hasil posttest menunjukkan bahwa data kedua kelasa berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (2,072 > 1,684), artinya Ha diterima. Ha diterima artinya media gambar lebih efektif bila dibandingkan dengan penugasan langsung terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang. Keefektifan media gambar diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru kelas IV SDN Gugus Nyai Ageng Serang Tugu Semarang untuk menerapkan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan aspek atau materi yang lain. Pemanfaatan media gambar diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karangan narasi, keefektifan, media gambar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 13 Oct 2016 12:06 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 12:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24233 |
Actions (login required)
View Item |