KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V SDN GUGUS DOKTER CIPTO MANGUNKUSUMA KECAMATAN JUWANA


Isma Murtiana , 1401412111 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN KELAS V SDN GUGUS DOKTER CIPTO MANGUNKUSUMA KECAMATAN JUWANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan model examples non examples dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus Dr. Cipto Mangunkusuma Kecamatan Juwana, (2) untuk mendeskripsikan keefektifan model examples non examples dalam meningkatkan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SD Gugus Dr. Cipto Mangunkusuma Kecamatan Juwana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian berupa true experimental design yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Gugus Dr. Cipto Mangunkusuma. Sampel diambil berdasarkan teknik pengacakan kelompok penugasan atau Randomized Group Assignment ditetapkan SDN Growong Kidul 02 sebagai kelas eksperimen dan SDN Bakaran Wetan 03 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan yang digunakan adadua yaitu tes dan non tes. Validitas istrumen berupa validitas isi. Validitas dan releabilitas dihitung menggunakan program komputer SPSS 17.0 for windows 16. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5 %. Sebelum dilakukan uji analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan berbantuan program komputer SPSS 17.0 for windows 16 menunjukkan data posttest berdistribusi normal dan homogeny. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,016 < 0,05. Nilai Sig. (2 tailed) kurang dari taraf signifikansi 5% (0,016 < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunkan model pembelajaran examples non examples lebih efektif daripada pembelajaran muatan bahasa Indonesia dengan metode konvensional pada materi menulis laporan pengamatan siswa kelas V SD Gugus Dr. Cipto Mangunkusuma Kecamatan Juwana, (2) hasil penelitian menunjukkan tingkat keefektifan proses pembelajaran menulis laporan pengamatan selama menggunakan model examples non examples. Peningkatan proses tersebut dibuktikan dengan perbedaan hasil posttest yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, examples non examples, menulis, laporan pengamatan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:06
Last Modified: 13 Oct 2016 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24232

Actions (login required)

View Item View Item