KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO TUGU KOTA SEMARANG


Indriastuti , 1401412105 (2016) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan syarat mutlak dalam mempertinggi taraf apresiasi sastra, salah satunya yaitu cerpen. Semakin tinggi kemampuan membaca pemahaman, maka semakin tinggi kemampuan mengapresiasi cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang; 2) kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang; dan 3) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen pada Siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang sebanyak 100 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan membaca pemahaman dan tes kemampuan mengapresiasi cerpen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 80 dengan kategori sangat baik; 2) kemampuan mengapresiasi cerpensiswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang secara keseluruhan memperoleh skor ratarata 80,82 dengan kategori sangat baik; dan 3) ada hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Tugu Kota Semarang sebesar 0,952 dengan kategori keeratan korelasi sangat kuat (rxy= 0,952 pada taraf nyata α= 0,05 dengan N= 100, R= 0,195, dan rh>rt). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka kemampuan membaca pemahaman merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan mengapresiasi cerpen. Sehingga variabel antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan mengapresiasi cerpen saling berhubungan dan keeratan korelasinya sangat kuat. Jika kemampuan membaca pemahaman siswa tinggi, maka kemampuan mengapresiasi cerpen juga tinggi dan sebaliknya. Kenyataan ini membawa konsekuensi dalam pengajaran kemampuan mengapresiasi cerpen, guru harus memprioritaskan aspek kemampuan membaca pemahaman dalam mengembangkan kemampuan mengapresiasi cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerpen: Kemampuan; Membaca; Mengapresiasi; Pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:07
Last Modified: 13 Oct 2016 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24228

Actions (login required)

View Item View Item