ANALISIS PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD SE-GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS


Ulin Hadi Saadati , 1401412098 (2016) ANALISIS PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD SE-GUGUS NGUDI KAWRUH KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode eksperimen merupakan suatu cara yang dilakukan guru dalam pembelajaran dengan cara mengaktifkan siswa melalui pengamatan dan percobaan yang dilakukan.Metode ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang ada dalam teori atau konsep pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA di SD se-Gugus Ngudi Kawruh menggunakan pembelajaran Learning by doing yakni siswa berperan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan intensitas, pelaksanaan dan faktor pendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD Negeri se-Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan di seluruh SD Negeri se-Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Negeri se-Gugus Ngudi Kawruh. Adapun sampel penelitian ini adalah seluruh populasi guru kelas yang berjumlah 55 guru. Teknik pengumpulan data menggunakanangket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh data mengenai intensitas, pelaksanaan dan faktor pendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD Negeri se-Gugus Ngudi Kawruh Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Dari hasil analisis data, intensitas penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA diperoleh mean sebesar 5,85 dengan kriteria sedang. Pelaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA diperoleh mean sebesar 56,05 sehingga dikategorikan sedang. Selanjutnya, mengenai faktor pendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran di SD Negeri se-Gugus Ngudi Kawruh memperoleh mean sebesar 19,84 sehingga dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Sebaiknya guru menambah pengetahuan mengenai metode eksperimen dan kreatifitas dalam mengajar dapat ditingkatkan lagi. Jika guru berusaha dalam melaksanakan pembelajaran yang menarik maka siswa merasa senang mengikuti pembelajaran tersebut dan tujuan pembelajaran IPA akan tercapai dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Penggunaan Metode Eksperimen; Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:04
Last Modified: 13 Oct 2016 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item