KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANG GENI KOTA SEMARANG


LU’LUATUZ ZAKIYAH , 1401412093 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA SISWA KELAS V SDN GUGUS WISANG GENI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA di SDN Gugus Wisang Geni masih rendah, diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif, belum terlihat kemampuan interperonal siswa, serta kurangnya tingkat berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Group Investigation lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap hasil belajar IPA materi cahaya siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan model Group Investigation terhadap hasil belajar IPA materi cahaya siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VB SDN Karangayu 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Tawang Mas 02 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji gain. Hasil analisis data pretes menunjukkan t hitung< t tabel (0,036<2,002) dengan signifikansi (0,972> 0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan rata-rata skor pretest antara kedua sampel. Hasil analisis data posttest menunjukkan bahwa t hitung>tabel (3,258>2,002) dengan signifikansi (0,002 < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor posttest kelas eksperimen dan kontrol, dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 5,50. Besar peningkatan rata-rata gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,29 (rendah). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa model Group Investigation lebih efektif dibandingkan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation efektif terhadap hasil belajar IPA materi cahaya pada siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, hendaknya memilih model yang dapat mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat berlangsung dua arah. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dalam berpartisipasi supaya pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadikan model Group Investigation sebagai alternatif pemilihan model inovatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Hasil belajar, IPA, Keefektifan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:05
Last Modified: 13 Oct 2016 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24224

Actions (login required)

View Item View Item