KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD GUGUS NYI AGENG SERANG JUWANA PATI


Meinita Kristanti , 1401412110 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD GUGUS NYI AGENG SERANG JUWANA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412110.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan dasar berbahasa yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan menulis. Menulis merupakan keterampilan dasar berbahasa yang sulit untuk dikuasai siswa. Salah satu materi pelajaran yang termasuk dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar yaitu menulis puisi. Berdasarkan dara pra penelitian di SD Gugus Nyi Ageng Serang Juwana Pati permasalahan menulis puisi merupakan masalah yang dikeluhkan oleh siswa selama bertahun-tahun. Salah satu penyebab sulitnya keterampilan menulis puisi bagi siswa adalah pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap ketrampilan menulis puisi siswa kelas V SD Gugus Nyi Ajeng Serang Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas V SDN Kauman 01 sebagai kelompok eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran picture and picture, sedangkan kelas V SDN Growong Lor 03 sebagai kelompok kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model pemahaman konsep. Proses pembelajaran di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah perlakuan dan tes akhir (posttest). Pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir di kelompok eksperimen yaitu 78,39 lebih tinggi daripada rata-rata nilai akhir di kelompok kontrol yaitu 70,57. Pengujian hipotesis dengan menggunakan independent samples t-test. Pada tabel independent samples t-test pada kolom Sig.(2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.. Kesimpulan dari pernyataan tersebut adalah penggunaan model pembelajaran picture and picture lebih efektif daripada model pemahaman konsep. Saran yang dapat dikemukakan bagi guru adalah model pembelajaran pada penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, picture and picture, kefektifan, menulis puisi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:06
Last Modified: 13 Oct 2016 12:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item View Item