HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI


LINDA DWI ASTUTI , 1401412106 (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412106.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampuilan berbahasa yang diperoleh sacara tidak langsung, melainkan melalui praktik yang banyak dan teratur. Salah satu cara agar terampil dalam menulis adalah dengan menguasai kosakata. Semakin kaya kosakata yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan terampil menulis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penguasaan kosakata siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati; 2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati; dan 3) menguji hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati sebanyak 56 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) penguasaan kosakata siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 62,2 dengan kategori cukup baik; 2) kemampuan menulis karangan narasi siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 64,2 dengan kategori cukup baik; dan 3) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati sebesar 0,920 dengan kategori keeratan korelasi sangat kuat (rhitung= 0,920 pada taraf nyata α= 0,05 dengan N= 56, rtabel= 0,259, dan rh>rt). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan Kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kosakata dapat menjadi prediktor yang baik bagi variabel kemampuan menulis karangan narasi. Sehingga penelitian ini mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran Bahasa Indonesia harus mampu meningkatkan penguasaan kosakata untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan; kemampuan; kosakata; menulis; narasi; penguasaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Oct 2016 12:05
Last Modified: 13 Oct 2016 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24221

Actions (login required)

View Item View Item