KEEFEKTIFAN MODEL MEMBACA TOTAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS ERLANGGA


Karina Febrioni Waluyo , 1401412075 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL MEMBACA TOTAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS ERLANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412075.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Membaca pemahaman merupakan proses pemerolehan makna secara aktif dengan melibatkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pembaca. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di Gugus Erlangga ditemukan permasalahan pada membaca yaitu guru terlalu mendominasi pembelajaran dan siswa hanya diberi tugas-tugas. Pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SD yang belum efektif mengakibatkan hasil belajar siswa belum optimal. Dibuktikan dengan data rata-rata nilai ulangan akhir semester yang diperoleh 6 SD digugus Erlangga hanya mencapai 69,84, sehinnga guru perlu mencari metode yang lebih inovatif. Berdasarkan hal tersebut, dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimanakah keefektifan model membaca total terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model membaca total terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi semua siswa kelas V SD Gugus Erlangga. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen yang berada di SD Negeri Bandar 03 yang berjumlah 36 dan kelas kontrol yang berada di SD Negeri Tambahrejo 01 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang telah diujicobakan sebelumnya menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Sedangkan penguji hipotesis dengan menggunakan uji t independent samples. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model membaca total efektif digunakan pada pembelajaran keterampilan membaca pemahman. Dibuktikan dengan Harga t hitung pada uji perbedaan rata-rata data akhir yaitu 6,071 lebih besar dibandingkan harga t tabel yaitu 1,993, artinya Ha diterima Ho ditolak. sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model membaca total lebih efektif dibandingkan metode penugasan. Didukung dengan gain ternormalisasi pada kelas eksperimen mendapat skor 0,364 lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan skor 0,125. Keefektifan model membaca total diharapkan menjadi pertimbangan bagi guru kelas V SD Gugus Erlangga untuk menerapkan model membaca total pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penerapan model membaca total diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif untuk pembelajaran bahasa indonesia yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca pemahaman; model membaca total.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 18:00
Last Modified: 12 Oct 2016 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item View Item