STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SITAIL KABUPATEN TEGAL

Dwi Retno Atmawati , 1401412071 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SITAIL KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2361Kb)

    Abstract

    Pada umumnya pembelajaran IPA di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. Sehingga kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Contoh model pembelajaran yang efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan MAM. Belum diketahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar IPA diantara NHT dan MAM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran yang paling efektif terhadap hasil belajar dalam pembelajaran materi Bumi dan Alam Semesta kelas IV SD Negeri Sitail Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen jenis komparasi bentuk nonequivalent control group design. Populasinya yaitu 76 siswa kelas IV SD Negeri Sitail dan SD Negeri Gantungan 1 Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 48 dan kontrol sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 84,40, kelas eksperimen 2 sebesar 83,91, dan kelas kontrol sebesar 69,76. Perbedaan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan tidak terdapat perbedaan ratarata yang signifikan pada hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPA. Akan tetapi, jika model NHT dan MAM dibandingkan, dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model MAM pada materi yang sama.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran NHT; model pembelajaran MAM; hasil belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: retma upt perpus
    Date Deposited: 12 Oct 2016 14:00
    Last Modified: 12 Oct 2016 14:00

    Actions (login required)

    View Item