FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI PADA KEGIATAN ESKTRAKURIKULER SENI TARI DI SD NEGERI PANGGUNG 2 KOTA TEGAL


Nur Chofifah , 1401412069 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI PADA KEGIATAN ESKTRAKURIKULER SENI TARI DI SD NEGERI PANGGUNG 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412069.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas belajar, khususnya kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Negeri Pangggung 2 Kota Tegal belum berjalan dengan lancar karena kurangnya minat siswa laki-laki untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi kurangnya minat belajar siswa laki-laki pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Panggung 2 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru yang mengajar kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan 65 siswa laki-laki yang ada di kelas II sampai kelas V. Semua anggota populasi pada penelitian ini digunakan sebagai sampel yang berjumlah 65 siswa laki. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat minat belajar siswa laki-laki pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari berada pada kategori rendah, dengan mean 22,52 berada di interval kurang dari 24, sehingga termasuk kategori rendah. Hasil perhitungan faktor jasmaniah diperoleh mean 7,09 berada di interval antara 6 sampai 9, sehingga termasuk kategori sedang. Hasil perhitungan faktor psikologi diperoleh mean 21,76 berada di interval lebih dari 21, sehingga termasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan faktor keluarga diperoleh mean 22,72 berada di interval lebih dari 21, sehingga termasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan faktor sekolah diperoleh mean 36,20 berada di interval lebih dari 36, sehingga termasuk kategori tinggi. Hasil perhitungan faktor lingkungan diperoleh mean 13,29 berada di interval lebih dari 12, sehingga termasuk kategori tinggi. Disimpulkan bahwa minat belajar siswa laki-laki pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari tergolong rendah. Faktor jasmaniah merupakan faktor yang tegolong sedang serta faktor psikologi, keluarga, sekolah, dan lingkungan merupakan faktor yang tinggi dalam memengaruhi kurangnya minat belajar siswa laki-laki pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Hendaknya ada kerjasama antara guru eksrakurikuler seni tari, pihak sekolah, dan keluarga untuk menumbuhkan minat belajar siswa laki-laki pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Minat Belajar; Siswa Laki-laki, Kegiatan Ekstrakurikuler SeniTari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 17:59
Last Modified: 12 Oct 2016 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24207

Actions (login required)

View Item View Item