HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS ERLANGGA KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA


PRISCA SEPTIANA , 1401412090 (2016) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS ERLANGGA KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS peserta didik kelas V di SDN Gugus Erlangga masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian IPS bahwa sebagian besar peserta didik mendapat nilai di bawah KKM. Hasil belajar IPS tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu bimbingan belajar orang tua. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Gugus Erlangga, dan (2) mengetahui besar koefisien korelasi antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Gugus Erlangga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 151 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 121 peserta didik dengan teknik pengampilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Setelah data normal dan linear kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bimbingan belajar orang tua peserta didik kelas V SDN Gugus Erlangga memiliki kategori cukup baik dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Gugus Erlangga memiliki kategori baik, (2) besar koefisien korelasi (r hitung) yaitu 0,609 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS masuk dalam kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa 61% hasil belajar IPS peserta didik dipengaruhi oleh bimbingan belajar orang tua, sedangkan 39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua; hasil belajar IPS; IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 12:27
Last Modified: 12 Oct 2016 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24206

Actions (login required)

View Item View Item