KEEFEKTIFAN MODEL TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS DRUPADI DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


NINIK EFI MULYANI NINIK EFI MULYANI , 1401412087 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS DRUPADI DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif apabila peserta didik mendapatkan hasil maksimal. Hasil belajar IPS di SDN Gugus Drupadi rendah. Hal ini dipengaruhi padatnya materi, kebosanan, kurang fokus dan rasa kantuk peserta didik sehingga hasil belajar tidak maksimal. Hasil belajar maksimal dapat diperoleh melalui salah satu model pembelajaran inovatif Course Review Horay yang menciptakan pembelajaran efektif yang meriah dan menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS materi masalah sosial peserta didik kelas IV SDN Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, dan (2) mengetahui penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPS materi masalah sosial peserta didik kelas IV SDN Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 52 peserta didik dengan kelas eksperimen 27 peserta didik dan kontrol 25 peserta didik. Variabel terikat pada penelitian adalah hasil belajar IPS materi masalah sosial. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Course Review Horay. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktrur, observasi, tes dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan kesamaan dua varians. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Course Review Horay efektif terhadap hasil belajar IPS materi masalah sosial peserta didik. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel berarti bahwa model pembelajaran Course Review Horay efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Gugus Drupadi Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Keefektifan, Model Course Review Horay
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 12:28
Last Modified: 12 Oct 2016 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24205

Actions (login required)

View Item View Item