KEEFEKTIFAN MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD KELAS V GUGUS JENDERAL SUDIRMAN


ERLINDA LUDZFI RAMADHANI , 1401412074 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL SAVI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD KELAS V GUGUS JENDERAL SUDIRMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis puisi pada siswa SD kelas V gugus Jenderal Sudirman belum efektif, sehingga hasil karya puisi siswa belum maksimal. Oleh karena itu, guru perlu mengganti model pembelajaran yang telah digunakan sebelumnya dengan model yang lebih kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model SAVI berbantuan media word wall terhadap keterampilan menulis puisi siswa SD kelas V Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Karanganyar yang berjumlah 135 siswa dengan jumlah sampel 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes subjektif yang telah diujicobakan sebelumnya menggunakan uji reliabilitas intar-rater dan uji validitas isi. Sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dependent samples. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa data pretest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga thitung pretest lebih kecil dibandingkan harga t-tabel (0,452<2,021) dan signifikansi (0,645>0,05), artinya Ho diterima. Ho diterima berarti tidak ada perbedaan rata-rata keterampilan menulis puisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat pretest. Hasil posttest menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Harga t-hitung posttest lebih besar dibandingkan harga t-tabel (2,253>1,697) dan signifikansi (0,030<0,05), artinya Ha diterima. Ha diterima berarti ada perbedaan rata-rata skor keterampilan menulis puisi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, yaitu rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi dengan perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 5,798. Keefektifan model SAVI berbantuan media word wall diharapkan mampu menjadi pertimbangan bagi guru kelas V gugus Jenderal Sudirman untuk menerapkan model SAVI berbantuan media word wall pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan menulis. Penerapan model SAVI berbantuan media word wall diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif dan kreatif untuk pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; menulis puisi; SAVI; word wall
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 12:28
Last Modified: 12 Oct 2016 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24202

Actions (login required)

View Item View Item