STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SITAIL KABUPATEN TEGAL


Dwi Retno Atmawati , 1401412071 (2016) STUDI KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SITAIL KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya pembelajaran IPA di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran tersebut tidak memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk mengkontruksikan sendiri pengetahuannya. Sehingga kualitas belajar siswa juga tidak optimal. Contoh model pembelajaran yang efektif terhadap hasil belajar IPA kelas IV yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan MAM. Belum diketahui model pembelajaran manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar IPA diantara NHT dan MAM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan model pembelajaran yang paling efektif terhadap hasil belajar dalam pembelajaran materi Bumi dan Alam Semesta kelas IV SD Negeri Sitail Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen jenis komparasi bentuk nonequivalent control group design. Populasinya yaitu 76 siswa kelas IV SD Negeri Sitail dan SD Negeri Gantungan 1 Kabupaten Tegal. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh. Sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 48 dan kontrol sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 1 sebesar 84,40, kelas eksperimen 2 sebesar 83,91, dan kelas kontrol sebesar 69,76. Perbedaan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan tidak terdapat perbedaan ratarata yang signifikan pada hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan 2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif sama-sama efektif terhadap hasil belajar IPA. Akan tetapi, jika model NHT dan MAM dibandingkan, dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar model pembelajaran NHT lebih efektif dibandingkan dengan model MAM pada materi yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran NHT; model pembelajaran MAM; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2016 12:29
Last Modified: 12 Oct 2016 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item